-->

Apakah Makan Membatalkan Wudhu? Berikut Penjelasan Ustadz Abdul Somad


Ulama berbeda pendapat tentang status makan daging onta, apakah makan membatalkan wudhu ataukah tidak. Mari kita bahas bersama apakah makan membatalkan wudhu atau tidak? Menurut pandangan islam.
Para ulama sepakat bahwa wudhu menjadi batal jika keluar kencing, tapi apakah makan membatalkan wudhu? Dan bagaimana hukumnya. Banyak orang bertanya terkait hadist-hadist yang menjelaskan tentang hal yang membatalkan wudhu.

Saya dalam kondisi berwudhu, dan makan sedikit kue. Kemudian langsung menunaikan shalat tanpa membersihkan mulut. Apakah shalat saya sah atau tidak? Banyak orang yang masih dibingungkan dengan hal yang membatalkan wudhu, salah satunya adalah makan setelah wudhu.

Pertanyaan tentang makan dan minum bisa membatalkan wudhu banyak kita mendengarnya di masyarakat. Namun, beberapa orang ada yang berpendapat boleh dan ada yang berpendapat tidak. Nah, disini kita akan membahas apakah makan membatalkan wudhu? Mari kita simak bersama-sama.


Jika hendak mendirikan salat wajib berwudhu untuk menghilang hadas kecil. Beberapa ulama kita berpendapat jika makan sesudah wudhu tidak membatalkan wudhu. Makan dan minum setelah wudhu lalu salat boleh saja. Karena tidak membatalkan wudhu dan sah salatnya, kecuali jika kita mengeluarkan angin dari dubur, keluar sesuatu dari kemaluan, bersentuhan kulit antara laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim, serta tertidur pulas setelah wudhu, harus berwudhu kembali jika hendak melaksanakan salat.

Memahami Tentang Makna Wudhu

Jadi wudhu sendiri sebenarnya syarat sahnya shalat, baik itu shalat sunah maupun shalat fardhu. Nah, fungsi dari wudhu itu untuk menghilangkan hadas kecil saja, karena untuk hadas besar kita perlu melakukan mandi wajib.

Untuk caranya sendiri, wudhu bisa dilakukan dengan menggunakan air maupun tayamum dengan debu apabila berada di lokasi yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan air.

Seperti apa yang disebutkan dalam Firman Allah Subhanahu wa ta’ala dalam Surah Al-Maidah ayat 6 :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قُمْتُمْ إِلَى ٱلصَّلَوٰةِ فَٱغْسِلُوا۟ وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى ٱلْمَرَافِقِ وَٱمْسَحُوا۟ بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى ٱلْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِن كُنتُمْ جُنُبًا فَٱطَّهَّرُوا۟ ۚ وَإِن كُنتُم مَّرْضَىٰٓ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَآءَ أَحَدٌ مِّنكُم مِّنَ ٱلْغَآئِطِ أَوْ لَٰمَسْتُمُ ٱلنِّسَآءَ فَلَمْ تَجِدُوا۟ مَآءً فَتَيَمَّمُوا۟ صَعِيدًا طَيِّبًا فَٱمْسَحُوا۟ بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُم مِّنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ ٱللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُم مِّنْ حَرَجٍ وَلَٰكِن يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُۥ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.”

Dalam prakteknya, banyak orang yang menanyakan apakah makan membatalkan wudhu? Apakah kita perlu melakukan wudhu lagi jika kita makan atau minum?

Jadi itu pertanyaan yang umum ditanyakan dan untuk menjawab pertanyaan tersebut sebaiknya perhatikan penjelasan lengkap berikut ini.



Lantas Apakah Makan Membatalkan Wudhu?

Berikut penjelasan Ustadz Abdul Somad


0 Response to "Apakah Makan Membatalkan Wudhu? Berikut Penjelasan Ustadz Abdul Somad"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel