-->

Cara Mudah Mengetahui Tanda Tanda Hamil 1 Hari Setelah Berhubungan


Setelah berhubungan intim, yang pasti ditunggu-tunggu adalah kabar gembira yaitu memiliki momongan. Bercak darah atau kram perut. Beberapa hari setelah Anda melakukan hubungan intim dengan suami Anda biasa terjadi di pagi, siang, atau malam hari bisa menjadi tanda tanda hamil 1 hari Anda.
Tanda kehamilan hari pertama setelah berhubungan intim sulit dideteksi. Oleh karenanya, sangat kecil kemungkinan tanda kehamilan akan langsung muncul dalam 1 hari setelah berhubungan, dimana seperti yang dijelaskan bahwa biasanya tanda tanda kehamilan akan sedikit memerlukan waktu untuk mengetahuinya.

Tanda tanda hamil 1 hari ini bisa muncul secara cepat, tapi bisa juga salah satu atau beberapa saja. Apa saja tanda tanda hamil 1 hari itu? Biasanya dalam 6 sampai 12 hari setelah melakukan hubungan akan muncul tanda tanda hamil 1 hari Anda.

Tak heran bila ada banyak orang yang ingin mengetahui ciri ciri hamil 1 hari agar calon buah hatinya bisa segera dirawat dengan baik. Berikut Tanda Tanda Hamil 1 Hari yang perlu Anda ketahui.

Sebenarnya kehamilan tidak bisa langsung terjadi setelah Anda melakukan hubungan badan dengan suami Anda, meskipun Anda melakukan hubungan badan dengan suami Anda ketika sedang mengalami masa subur juga masih memerlukan waktu untuk mengetahui tanda tanda hamil 1 hari Anda.

Gejala atau tanda awal hamil sebagian besar disebabkan oleh faktor hormonal dimana baru terjadi sekitar 3-7 hari setelah pembuahan, ketika sel telur yang telah dibuahi mulai masuk ke dalam dinding rahim (implantasi) dan memulai perkembangan janin.

Inilah Tanda Tanda Hamil 1 Hari:

1. Munculnya Flek (Spotting) atau Pendarahan

Biasanya dalam 6 sampai 12 hari setelah berhubungan intim, embrio yang berhasil sampai pada rahim akan melekatkan diri pada dinding rahim. Saat embrio melekat akan memunculkan efek berupa pendarahan atau flek yang terkadang diiringi dengan kram perut.

Meski demikian, pendarahan ini tidak sama saat wanita menstruasi. Pendarahan ini jauh lebih sedikit, lebih singkat dan jauh lebih ringan. Namun, lagi-lagi terjadinya pendarahan atau munculnya flek belum tentu menjadi penentu kehamilan.

2. Payudara Berubah

Begitu pembuahan berhasil, akan muncul tanda pada bentuk payudara. Bentuk payudara umumnya akan membesar, lebih lunak, serta lebih sensitif. Sensitivitas ini dapat kita ketahui dengan cara menyentuhnya.

Biasanya akan terasa sakit ketika disentuh. Selain itu terjadi perubahan warna kulit daerah sekitar puting (aerola). Kulit akan berwarna terlihat lebih gelap dan semakin jelas batasannya. Jika anda mendapati tanda semacam ini, anda perlu mendatangi bidan karena biasanya tanda ini cukup akurat.

3. Morning Sickness

Morning sickness atau yang lebih dikenal dengan mual dan muntah merupakan perasaan tidak nyaman dari dalam perut wanita yang tengah hamil pada awal trimester pertama.

Disebut morning sickness karena biasanya rasa mual dan ingin muntah ini terjadi saat pagi hari. walau tidak menutup kemungkinan morning sickness ini juga terjadi pada siang dan malam hari. mual dan muntah terjadi karena peningkatan produksi hormon hCG.

Namun, gejala ini tidak dialami oleh semua wanita yang sedang hamil. Beberapa wanita segar bugar sehingga tidak mengira bahwa mereka sedang mengandung karena tidak mengalami mual dan muntah. Mual dan muntah memang mirip dengan gejala masuk angin sehingga perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

4. Kelelahan, Sakit Punggung dan Sakit Kepala

Kelelahan pada masa kehamilan sering terjadi ketika awal trimester pertama. Ibu hamil mudah merasa lelah karena peningkatan produksi hormon progesteron yang memperlambat berjalannya proses metabolisme di dalam tubuh. Beberapa hal yang mengiringi kelelahan ini adalah nyeri punggung dan sakit kepala secara bersamaan.

Rasa sakit ini akan berkurang saat kehamilan memasuki bulan keempat. Saat anda mengalami kelelahan, sangat disarankan untuk mengurangi aktivitas. Jangan memaksakan aktivitas yang terlalu padat selama hamil muda karena sangat berbahaya bagi ibu dan janin.

5. Sering Buang Air Kecil

Saat anda mulai hami, kandung kemih mendapat tekanan dari rahim. Oleh sebab itu, wanita hamil sering buang air kecil. Semakin besar kandungan, semakin tinggi juga intensitas buang air kecilnya. Hal ini sangat wajar sehingga jangan sampai ditahan.

6. Penciuman Lebih Tajam

Wanita yang sedang mengandung biasanya penciumannya akan lebih sensitif. Perubahan hormonal menjadikan anda lebih bisa mncium bau-bau yang sebelumnya tidak bisa anda lakukan. Ketajaman penciuman inilah yang terkadang membuat anda merasa mual dan ingin muntah saat tiba-tiba mencium bau yang kurang sedap padahal jaraknya cukup jauh dari tempat anda berada.

7. Perut Kembung

Jika belakangan ini anda sering mengalami gejalan perut kembung (bloated), jangan langsung mengonsumsi obat untuk mengatasinya. Bisa jadi perut kembung yang anda alami merupakan perubahan hormon yang disebabkan oleh kehamilan. Tidak ada salahnya memeriksakan diri sebelum anda meminum obat. Ingat bahwa beberapa obat tidak bersahabat dengan kesehatan janin.

8. Kenaikan suhu tubuh
Salah satu tanda awal kehamilan yang terakhir adalah naiknya suhu tubuh dari suhu basal anda. Suhu basal adalah suhu ketika anda baru bangun dari tidur di pagi hari. Kenaikan ini akan terus berlansung selama anda mengandung. Oleh sebab itu, wanita hamil memiliki suhu badan yang lebih hangat dibanding dalam keadaan normal.

Saat anda mendapati beberapa tanda awal kehamilan setelah berhubungan di atas, sebaiknya segera lakukan tes di pusat kesehatan terdekat untuk memastikannya. Jangan anggap remeh perubahan yang terjadi pada tubuh anda karena bisa jadi semua itu adalah pertanda bahwa Anda sedang mengandung.

Itulah Tanda Tanda Hamil 1 Hari, jika Anda merasakan salah satu dari tanda tanda hamil 1 hari itu, maka kemungkinan Anda sekarang sedang mengandung. Segera periksakan ke dokter jika Anda mengalami salah satu dari tanda tanda kehamilan diatas.

0 Response to "Cara Mudah Mengetahui Tanda Tanda Hamil 1 Hari Setelah Berhubungan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel